STRUKTUR ORGANISASI

1. Pimpinan adalah Camat

2. Pembantu pimpinan adalah Sekretaris Camat yang dibantu oleh Kasub Perencanaan dan Kasub Keuangan

3. Pelaksana adalah Seksi dan kelompok jabatan fungsional yang terdiri dari :

a. Seksi Pemerintahan
b. Seksi Trantib
c. Seksi Ekonomi dan Pembangunan
d. Seksi Kesejahteraan Sosial
e. Seksi Pelayanan Umum

 

Selanjutnya uraian tugas dan fungsi adalah sebagai berikut :

1. Camat mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian kewenangan pemerintah yang dilimpahkan oleh Bupati Enrekang dalam wilayah kerja/kecamatannya.
Fungsinya :
– Mempelajari peraturan dan perundang-undangan dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
– Pengkoordinasian, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dibidang pelayanan umum masyarakat yang menjadi kewenangannya
– Bertanggung jawab atas pemeliharaannya dan terciptanya ketenraman dan ketertiban di wilayahnya.
– Pembinaan, pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pemerintah di wilayah kerja Kelurahan dan Desa
– Pemberian motivasi dan penetapan kebijakan dalam rangka pemberdayaan masyarakat yang mandiri.
– Pembinaan pengawasan terhadap pelaksanaan administrasi dan ketatausahaan Kecamatan.
– Pembinaan dan pengkoordinasian terhadap pelaksanaan tugas-tugas jabatan fungsional dan tugas UPT dalam lingkup kecamatan.
– Melaporkan hasil kerja pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah setiap bulan dan akhir tahun
– Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh Bupati

2. Sekretaris Kecamatan mempunyai Camat dalam melaksanakan tugasnya dibidang pelayanan teknis dan administratif(perencanaan, kepegawaian, keuangan, dan ketata usahaan) terhadap semua unsur dalam lingkup kecamatan.
Fungsinya :
– Mempelajari peraturan perundang-undangan dan ketentuan lainnya diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
– Perumusan perencanaan dan program kerja serta penyusunan Renstra Kecamatan.
– Pengelolaan urusan adminsistrasi kepegawaian lingkup kecamatan dan tenaga fungsional Guru SD.
– Penyusunan anggaran dan pengelolaan urusan keuangan
– Pengelolaan perlengkapan dan rumah tangga kecamatan
– Pelayanan administrasi dan ketatalaksanaan lingkup kecamatan
– Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Camat
– Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh Camat
– Pengkoordinasian penyelenggaraan tugas seksi
– Penyelenggaraan arsip kecamatan
– Penyelenggaraan pembinaan dan pengembangan karir pegawai
– Penyiapan bahan penyusunan LAKIP Kecamatan sesuai bidang tugasnya
2. Seksi Pemerintahan mempunyai tugas Membantu Camat dalam melaksanakan tugasnya dibidang Pemerintahan umum, pemerintahan kelurahan/desa, Penataan lingkungan hidup, dan pertanahan.
Fungsinya :
– Mempelajari peraturan perundang-undang dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.
– Fisilitasi pelaksanaan tugas pembantuan pemerintah, pemerintah propinsi dan kabupaten pada desa dalam wilayah kecamatannya.
– Fasilitasi pengawasan pelaksanaan pemerintahan desa/kelurahan dan sosialisasi peraturan-peraturan daerah/kebijakan pemerintah daerah tentang desa/ kelurahan dikecamatannya.
– Pelaksanaan pengendalian dan evaluasi program di bidang pemerintahan
– Pelayanan administrasi pertanahan dan pembinaan suatu penataan lingkungan hidup
– Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada camat melalui sekretaris camat.
– Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh Camat.
– Perumusan bahan pembinaan dan penyelenggaraan pemerintahan umum
– Pelaksanaan dan pengendalian kependudukan
– Penyusunan jadwal kegiatan operasional kependudukan di Kecamatan
– Pembinaan dan pengkoordinasian lembaga Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan sejenisnya
– Penyusunan bahan dan fasilitasi urusan keagrariaan
– Penyusunan bahan pembinaan dan penyelenggaraan pelayanan kependudukan dan catatan sipil
– Penyusunan laporan bulanan, triwulan, tahunan atau setiap saat diperlukan
3. Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas Membantu Camat dalam melaksanakan tugasnya dibidang penegakan peraturan daerah, pendidikan politik, pembinaan kesatuan bangsa, perlindungan masyarakat, serta penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban serta penanggulangan bencana alam.
Fungsinya :
– Mempelajari peraturan perundang-undang dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.
– Pembinaan kemasyarakatan dalam rangka penciptaan dan pemeliharaan ketentraman dan ketertiban, lingkungan kehidupan masyarakat.
– Memfasilitasi penerapan dan penegakan Perda
– Memfasilitasi dalam pelaksanaan tugas pembinaan kesatuan bangsa meliputipembauran dan ketahanan masyarakat dalam organisasi sosial kemasyarakat serta wawasan kesatuan bangsa.
– Penyusunan program dibidang Ketentraman dan ketertiban
– Fasilitasi perlindungan masyarakat dalam rangka menciptakan pengamanan Swakarsa dan Siskamling.
– Sosialisasi / kebijakan pemerintah daerah di bidang ketentraman dan ketertiban , kesatuan bangsa, dan linmas.
– Sosialisasi pelaksanaan tugas penanggulangan bencana alam dan korban bencana alam.
– Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Camat melalui sekretaris Camat.
– Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh camat.
4. Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas Membantu Camat dalam melaksanakan tugasnya di bidang pemerintahan umum, Pemerintahan Kelurahan/Desa, Penataan lingkungan hidup dan pertanahan
Fungsinya :
– Mempelajari peraturan perundang-undang dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.
– Fasilitasi pelaksanaan pelayanan kesehatan
– Memfasilitasi pelaksanaan program pendidikan dan tugas kependidikan tingkat sekolah dasar.
– Memfasilitasi penyelenggaraan pelayanan sosial dan tenaga kerja serta agama.
– Memfasilitasi pelaksanaan pelayanan pariwisata, kebudayaan, dan keolahragaan.
– Memfasilitasi penyelenggaraan tugas Keluarga Berencana Kependudukan, dan Pemberdayaan perempuan
– Penyusunan program di bidang kesejahteraan masyarakat.
– Sosialisasi peraturan daerag/ kebijakan pemerintah daerah di bidang Kesra
– Bertanggung jawab terhadap kebijakan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.
– Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Camat melalui Sekretaris Kecamatan
– Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh Camat.

5. Seksi Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam melaksanakan tugasnya dibidang pelayanan pertanian, kehutanan dan perkebunan, perhubungan, industri, dan perdagangan, penanaman modal serta koperasi, pertambangan, dan pemberdayaan masyarakat.
Fungsinya :
– Mempelajari peraturan perundang-undang dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
– Pengkoordinasian pelaksanaan tugas teknis fungsional bidang hutbun dan pertanian
– Memfasilitasi pelayanan kehutanan, perkebunan, pertanian, dan peternakan serta perikanan.
– Memfasilitasi pelayanan perhubungan
– Memfasilitasi pelayanan industri, perdagangan, penanaman modal dan koperasi.
– Memfasilitasi pelayanan pertambangan
– Memfasilitasi pelayanan pemberdayaan masyarakat desa
– Memfasilitasi pelayanan pembangunan meliputi perencanaan, kesetasian, pertumbuhan pengembangan potensi dan sumber daya.
– Pengkoordinasian perencanaan dan pelaksanaan program dibidang Ekbang
– Sosialisasi Perda / kebijakan Perda di bidang Ekbang.
– Memfasilitasi pelaksanaan program ekonomi dan pembangunan
– Memfasilitasi pelaksanaan program ekbang
– Pelaksanaan administrasi dan tata usaha seksi ekbang
– Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Camat melalui Sekcam
– Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh Camat
6. Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam dalam pelaksanaan tugas di bidang Pelayanan Umum yaitu pemberian sarana dan prasarana pelayanan kelistrikan, kebersihan, jalanan umum, tata ruang, serta permukiman
Fungsinya :
– Mempelajari peraturan perundang-undang dan ketentuan lainnya yang diperlukan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
– Memfasilitasi pelayanan umum serta sarana dan prasarana fasilitas pelayanan umum
– Memfasilitasi pelayanan kebersihan , pertamanan, dan penerangan jalan umum.
– Memfasilitasi pelayanan tata ruang dan permukiman
– Pengkoordinasian penyusunan program di bidang pelayanan umum
– Sosialisasi Perda / pekerjaan di bidang pelayanan umum.
– Memfasilitasi dan melaksanakan pelaksanaan program pelayanan umum.
– Pelaksanaan administrasi dan tata usaha seksi pelayanan umum
– Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Camat melalui Sekcam
– Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh Camat
– Pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Kecamatan sesuai bidang tugasnya.

C. Jabatan Struktural Organisasi Kantor Camat Curio

1. Camat Curio / Pimpinan Unit Kerja : Eselon IIIa
2. Sekretaris Camat : Eselon III b
3. Kasi Pemerintahan : Eselon IVa
4. Kasi Trantib : Eselon IVa
5. Kasi Kesra : Eselon IVa
6. Kasi Pembangunan : Eselon IVa
7. Kasi Pelayanan Umum : Eselon IVa
8. Kasub Perencanaan : Eselon IV b
9. Kasub Keuangan : Eselon IV b

0 Responses to “STRUKTUR ORGANISASI”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Juli 2014
S S R K J S M
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Artikel Kategori

Polling


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: